$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Bandung Kota Priangan

Bandung Kota Wisata -Paris Van Java adalah julukan yang di sandang oleh Kota Bandung, artinya Kota Bandung dikenal sebagai kota Parisnya di Indonesia. Bandung terkenal dengan beragam wisata nya. Wisata alam Bandung, wisata Kuliner Bandung, wisata gedung bersejarah Bandung, wisata budaya Bandung, wisata belanja Bandung, dan lain-lain, yang dapat dinikmati para wisatawan ketika menghabiskan masa liburannya di kota Bandung.

wisata kota bandung

Sekilas Sejarah Kota Bandung

Kota Bandung pertama kali ditemukan oleh Abraham Riebeek pada tahun 1712. Awalnya kota Bandung ditemukan sebagai salah satu wilayah sebagai sumber daya alam penghasil kopi. Pada masa itu Ibu Kota kabupaten Bandung berlokasi di wilayah Krapyak (saat ini daerah "Dayeuh Kolot"). Namun setelah pembangunan jalan raya yang menghubungkan Batavia (Jakarta pada masa itu) dengan Bandung melalui jalur Bogor dan Cianjur rampung dikerjakan pada tahun 1810, Ibu Kota Kabupaten Bandung dipindah ke pusat kota Bandung saat ini.

Perpindahan ini pula ditandai sebagai awal mula perkembangan Kota Bandung dari kabupaten kecil menjadi Kota yang besar. Satu persatu gedung mulai berdiri di kota Bandung serta bertambahnya jalan raya untuk mempermudah jalur transportasi di dalam kota.
Kota Bandung sudah dikenal sebagai kota tempat beristirahat dan menghabiskan liburan sejak zaman pemerintahan Belanda hingga sekarang
Berdiri nya Gedung Sate ditahun 1924, Museum Geologi di tahun 1929, Kantor Pos Indonesia pada tahun 1931, dan lain-lain, dilakukan oleh pemerintahan Belanda pada masa itu untuk mendukung fasilitas masyarakat di Kota Bandung.

Kota Bandung Ibu Kota Priangan

Mendengar kata “Bandung” membuat kita teringat dengan lagu Halo-halo Bandung ciptaan bapak kita Ismail Marjuki. Dalam bait pertama lagu ini terdapat kalimat "Halo halo Bandung ibu kota Priangan". Nama Priangan (Preanger dalam bahasa Belanda) identik dengan daerah-daerah Sunda di Jawa Barat seperti Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, dan Cianjur.

Lalu sebenarnya apa maksud dari kata “Priangan” ini? Kata Priangan berasal dari kata “Parahyangan”, yang artinya adalah tempatnya para dewa (hyang). Masyarakat kuno sunda mempercayai para dewa dan roh leluhur menghuni tempat-tempat yang luhur atau tinggi.
"Bumi Pasundan lahir ketika tuhan sedang tersenyum" by M.A.W. Brouwer
Hamparan bukit dan gunung yang terdapat di daerah Jawabarat dipercaya oleh masyarakat sunda kuno sebagai tempat yang suci, tempat para dewa (hyang) bersemayam. Konon tanah Priangan tercipta ketika para dewa tersenyum dan mencurahkan semua berkah dan restunya. Kisah ini bermaksud untuk menunjukkan keindahan dan kemolekan alam Tatar Sunda yang subur dan makmur.

wisata kota bandung
Masyarakat Bandung terkenal dengan keramahan nya

Ibu kota dari Tatar Sunda yang indah dan molek ini adalah kota Bandung. Bandung terkenal memiliki udara yang sejuk, masyarakatnya yang ramah, pemandangannya yang indah, serta banyak lagi kelebihan kelebihan lain yang bisa membuat kita betah berlama-lama dalam menghabiskan masa wisata di kota Bandung.

wisata kota bandung
Persimpangan Jalan Braga Bandung

Bandung Kota Wisata

Kota Bandung merupakan kota Metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi Ibu Kota provinsi tersebut. Kota kembang merupakan sebutan lain dari Kota Bandung, sebutan ini muncul karena masih banyak nya area hijau kota yang berada dikota Bandung.

Keindahan alam nya, udaranya yang sejuk, bangunan-bangunan bersejarah, keramahan penduduknya, kreatifitas anak-anak mudanya membuat kota Bandung sangat pantas untuk dinobatkan sebagai salah satu kota wisata di tanah air.

Wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, wisata kota, wisata adventure, wisata kuliner, wisata pendidikan, bisa kita dapatkan di kota Bandung. Itu sebabnya kota Bandung saat ini selalu mengalami ke macetan di akhir pekan serta ketika menghadapi liburan sekolah dan jadwal libur nasional. Bukan hanya karena dipadati wisatawan nusantara tetapi juga oleh para wisatawan manca negara.
Pada tahun 2007 British Council menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur
Selamat menikmati masa liburan dan wisata anda di kota Bandung

wisata kota bandung
Hotel savoy Homan Jalan Asia Afrika Bandung

wisata kota bandung

COMMENTS

Nama

angklung,1,bandung heritage,5,bandung selatan,3,belanja bandung,3,budaya,1,cafe bandung,1,cemilan,1,city walk,4,fantastrip,2,funtastrip,9,informasi bandung,8,kuliner bandung,3,lingkar bandung,2,panduan wisata,4,resort bandung,1,sejarah bandung,5,sunrise,1,tahura bandung,1,transportasi,1,wisata alam,8,wisata bandung,15,wisata kota,9,
ltr
item
Explore Bandung: Bandung Kota Priangan
Bandung Kota Priangan
Bandung Kota Wisata -Paris Van Java adalah julukan yang di sandang oleh Kota Bandung, artinya Kota Bandung dikenal sebagai kota Parisnya di Indonesia. Bandung terkenal dengan beragam wisata nya. Wisata alam Bandung, wisata Kuliner Bandung, wisata gedung bersejarah Bandung, wisata budaya Bandung, wisata belanja Bandung, dan lain-lain, yang dapat dinikmati para wisatawan ketika menghabiskan masa liburannya di kota Bandung.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Q-vscH9LhvuCD7tBmdLjmgGPbRdmfWhldtaV9aBXNO7Mlv85SnLwQc2G8lh1HdXIEj60CGzxpssx7xyKJCLoqYw8Rn22p3CNR5cJ-2AZInzu0mAVDDpL59cWcm5oF01hw1kA7aecLA_S/s680/bandung_night_view_dago.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Q-vscH9LhvuCD7tBmdLjmgGPbRdmfWhldtaV9aBXNO7Mlv85SnLwQc2G8lh1HdXIEj60CGzxpssx7xyKJCLoqYw8Rn22p3CNR5cJ-2AZInzu0mAVDDpL59cWcm5oF01hw1kA7aecLA_S/s72-c/bandung_night_view_dago.jpg
Explore Bandung
https://www.gobandung.id/2014/06/bandung-kota-priangan-mendengar-kata.html
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/2014/06/bandung-kota-priangan-mendengar-kata.html
true
3636652234722469418
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy