$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Pesona dan Eksotisme Green Canyon Pangandaran

Wisata Alam lingkar Bandung- Green canyon dengan aktivitas body rafting adalah pilihan tepat untuk destinasi dan aktivitas untuk menghabiskan masa liburan.


Keindahan alam serta keseruan aktivitas wisata dilokasi ini memang sangat layak di coba. Pantas saja Green Canyon menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburan di Pangandaran. Airnya yang berwarna hijau tosca, serta bebatuan besar yang tersusun alami tanpa dicampuri oleh rancangan tangan manusia membuat Green Canyon memiliki pemandangan begitu eksotis.

Sekilas Green Canyon

Awalnya lokasi ini bernama Cukang Taneuh, berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “jembatan tanah”. Disebut jembatan tanah karena disini terdapat jembatan tanah yang terbentuk secara alami, berfungsi menghubungkan dua tebing diatas aliran sungai Cijulang. Jembatan ini sering digunakan para petani dan masyarakat setempat untuk menyebrang dari sisi tebing yang satu ke sisi tebing yang lain.

Nama Green Canyon sendiri di komersilkan oleh warga negara asing berkebangsaan Perancis. Airnya yang jernih berwarna hijau kebiru-biruan, dinding tebingnya yang juga di dominasi oleh tumbuhan-tumbuhan alami berwarna hijau, serta rimbun nya dedaunan yang berasal dari pohon yang tumbuh disepanjang tebing, adalah alasan mengapa ngarai yang begitu mempesona ini dinamai Green Canyon.
Pemandangan indah dari ornamen dinding dan bebatuan yang tertata alami, serta aktivitas seru disepanjang aliran sungai Cijulang merupakan alasan mengapa Green Canyon tidak pernah sepi dari wisatawan.

Lokasi Green Canyon

Berjarak kurang lebih 31km dari Pantai Pangandaran, tepatnya berlokasi didesa Kertayasa, Kecamatan Cijulang Ciamis Jawa Barat, sekitar 45 menit menempuh perjalanan dari Pantai Pangandaran. Fasilitas jalan raya menuju dermaga Cukang taneuh - Green Canyon adalah jalan aspal dengan kondisi yang cukup baik. Jalan yang dilalui pun relatif ramai, telah banyak berdiri swalayan untuk memenuhi kebutuhan anda.

Aktivitas Wisata

Body Rafting adalah Aktivitas wisata yang ditawarkan oleh Green Canyon. Merupakan aktivitas seru tak terlupakan yang akan anda ikuti di lokasi yang indah ini.

+ Apa itu aktivitas Body Rafting?
Body Rafting adalah aktivitas berenang mengikuti arus sungai. Karena mengikuti arus, anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga seperti berenang biasanya, namun bukan berarti cukup diam saja tentu harus ada upaya untuk mengarahkan tubuh kita sambil mengikuti arus sungai.

+ Harus bisa berenang dong?
Tidak harus bisa berenang untuk ikut dalam aktivitas body rafting. Seluruh pengunjung yang mengikuti aktivitas body rafting akan dibekali dengan perlengkapan keselamatan, yaitu life vest atau rompi pelampung, helm rafting, sepatu karet, decker atau pelindung kaki. Ini adalah perlengkapan standard seluruh peserta baik anda yang bisa berenang ataupun tidak. Dengan menggunakan pelampung tentu saja tubuh anda akan tetap mengambang di permukaan air. Perlengkapan ini sangat membantu anda yang tidak dapat berenang.

Dalam aktivitas body rafting kita akan dikawal oleh pemandu lokal yang cukup profesional dalam menjaga keselamatan sekaligus memandu jalannya aktivitas body rafting. Kita wajib mengikuti arahan dari para pemandu yang memang hapal betul seluk beluk alam di Green Canyon. Setiap 5 orang peserta dikawal oleh 2 orang pemandu lokal. Jadi bagi anda yang belum bisa berenang jangan khawatir, aktivitas ini cukup aman untuk anda.

wisata Alam Bandung
Serunya Body Rafting di Green Canyon

Ada 2 jenis aktivitas body rafting yang dibedakan oleh panjang track yang akan ditempuh. Silahkan memilih track mana yang akan anda ikuti. Masing-masing track yang dimaksud yaitu:

1. Track Panjang / Full Track

Dalam track panjang total track yang akan kita lalui adalah sejauh kurang lebih 10 km. Terhitung mulai saat kita berangkat menggunakan transportasi darat dengan mobil bak terbuka sampai dengan garis finish yang berada dilokasi Green Canyon. Dititik Finish body rafting kita akan dijemput oleh kapal yang akan mengantarkan kita kembali ke posisi start. Durasi rata-rata aktivitas body rafting dengan track panjang kurang lebih 4 jam.

Rest area body rafting
Ada satu titik tempat peristirahatan yang akan kita singgahi ditengah-tengah aktivitas body rafting. Kita dapat menghangatkan tubuh dengan memesan minuman dan makanan ringan sekedar untuk menghangatkan badan. Anda pasti berpikir bagaimana membayarnya sementara tidak mungkin membawa uang tunai karena khawatir basah pada saat aktivitas di aliran sungai cijulang. Cukup catat seluruh belanja anda, kita dapat melakukan pembayaran nanti setelah sampai kembali didaratan atau diarea parkir Green Canyon. Sebagai catatan, Rest area hanya akan dilalui bagi yang memilih track panjang.

2. Track Pendek

Track pendek memiliki jarak yang lebih pendek tentunya dengan total jarak track setengah dari track panjang, yaitu kurang lebih 5 km. Dalam waktu kurang lebih 2 jam anda akan tiba di titik finish body rafting. Sama hal nya dengan track panjang, kita akan dijemput dengan perahu untuk diantarkan kembali ke dermaga 1 Cukang taneuh.
wisata alam bandung
Abadikan kebersamaan di setiap sudut hanya di Green Canyon

Rangkaian Aktivitas Body Rafting

+ Registrasi, Setiba nya di sekretariat Guha Bau kita akan melakukan registrasi dengan mendaftarkan nama seluruh peserta body rafting, cukup tulis nama seluruh peserta yang selanjutnya akan di proses oleh petugas sekretariat.
+ Mengenakan perlengkapan keselamatan, silahkan pilih perlengkapan yang sesuai dengan ukuran anda ditempat yang telah disediakan operator.
+ Menaiki transportasi, setelah semua perlengkapan di terpakai dengan benar kita akan dipersilahkan menaiki mobil terbuka untuk diantarkan ke posisi start body rafting. Medan yang dilalui seru banget lho...
+ Tiba di posisi start, setibanya dilokasi pinggiran sungai cijulang kita lanjutkan perjalanan dengan trekking ringan menuruni bukit menuju aliran sungai Cijulang, tidak jauh koq hanya beberapa ratus meter.
+ Saat nya Body Rafting, ini dia saat seru yang ditunggu-tunggu, mari memasuki arus sungai cijulang yang hijau dan segar. Rasakan keseruan body rafting yang tak terlupakan hanya di Green Canyon.

wisata alam bandung
Ayo pegang yang kencang

Tips Wisata Green Canyon

Ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk berangkat menuju Green Canyon untuk aktivitas body rafting.

Memilih waktu yang tepat

Akan lebih lebih nyaman menikmati wisata di Green Canyon diluar musim liburan atau high season. Karena banyaknya pengunjung yang ingin merasakan keseruan aktivitas body rafting dilokasi ini, wajar saja di masa libur panjang atau high season Green Canyon sangat ramai dipadati pengunjung.

Pakaian yang sesuai

Hindari menggunakan celana panjang yang bukan untuk berenang apalagi berbahan jeans, karena akan membuat anda tidak nyaman melakukan kegiatan ini. Gunakanlah pakaian yang berbahan nyaman yang tidak membuat anda berat dan sulit bergerak selama didalam air. Tentunya pakaian khusus olahraga air akan lebih cocok digunakan selama melaksanakan Body Rafting.

Sediakan uang tunai yang cukup

Di lokasi Green canyon belum ada Bank yang menyediakan fasilitas ATM. Agar anda nyaman dan tidak kesulitan ketika membutuhkan dana tunai, alangkah baiknya anda siapkan dahulu kebutuhan ini sebelum tiba dilokasi Green Canyon.

Peralatan lengkap dokumentasi

Selain pakaian ganti, peralatan dokumentasi yang sudah di cas penuh sangat penting dipersiapkan sebelum ke lokasi ini. Bagi yang membawa kamera DSLR dapat mempercayakan kamera anda kepada salah satu pemandu lokal untuk membawa dan mengambil gambar. Selain sudah terbiasa mereka juga mahir menjaga peralatan anda agar tidak terkena air. Namun ada baiknya memberikan sedikit tips agar gambar yang dihasilkan sesuai yang diharapkan.

Kondisi Fisik yang Prima

Karena lamanya waktu berendam di air, tentunya dibutuhkan fisik yang sehat agar tidak ada kendala selama mengikuti aktivitas body rafting. Wajib sarapan terlebih dahulu bila memilih waktu pagi hari. Bagi yang memiliki penyakit jantung dan asma, jangan lupa membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Fasilitas Wisata

Fasilitas wisata yang tersedia lokasi ini tergolong cukup memadai. Toilet dan tempat-tempat berganti pakaian, restoran, lapangan parkir yang luas, pedagang pakaian dan souvenir, pedagang makanan dan minuman ringan banyak tersedia di lokasi wisata Green Canyon.

Hotel dan Penginapan

Dalam waktu hanya selama kurang lebih 15 menit kita dapat sampai di Batu Karas. Di Batu Karas tersedia banyak pilihan untuk tempat bermalam. Hotel, cottage, villa, home stay dapat menjadi pilihan sesuai dengan keinginan anda.

Selamat mencoba dan menikmati keseruan aktivitas liburan di Green Canyon. Keseruan tak terlupakan hanya di Green Canyon!

Peta Lokasi Green Canyon



COMMENTS

Nama

angklung,1,bandung heritage,5,bandung selatan,3,belanja bandung,3,budaya,1,cafe bandung,1,cemilan,1,city walk,4,fantastrip,2,funtastrip,9,informasi bandung,8,kuliner bandung,3,lingkar bandung,2,panduan wisata,4,resort bandung,1,sejarah bandung,5,sunrise,1,tahura bandung,1,transportasi,1,wisata alam,8,wisata bandung,15,wisata kota,9,
ltr
item
Explore Bandung: Pesona dan Eksotisme Green Canyon Pangandaran
Pesona dan Eksotisme Green Canyon Pangandaran
Wisata Alam lingkar Bandung- Green canyon dengan aktivitas body rafting adalah pilihan tepat untuk destinasi dan aktivitas untuk menghabiskan masa liburan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4z-yuq2OT3LJtVj4L2-1Qxw06J30pQdd32k6Eq6-2O7NTlAGcvj2VnkAmLdG9x5W01wX8NQ2weaOmtGlY-o2mCrookDrzpBRNqK-MDTIDfPJJO0uyMOsglnjzB1bMzbErm02nGSRtt5aV/s850/green-canyon-perahu.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4z-yuq2OT3LJtVj4L2-1Qxw06J30pQdd32k6Eq6-2O7NTlAGcvj2VnkAmLdG9x5W01wX8NQ2weaOmtGlY-o2mCrookDrzpBRNqK-MDTIDfPJJO0uyMOsglnjzB1bMzbErm02nGSRtt5aV/s72-c/green-canyon-perahu.jpg
Explore Bandung
https://www.gobandung.id/2016/03/green-canyon-pangandaran.html
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/2016/03/green-canyon-pangandaran.html
true
3636652234722469418
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy