$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Gemericik Merdu Curug Cigulung dan Cikawari Maribaya Hotspring Resort Bandung

Wisata Alam Bandung - Merupakan lokasi wisata kawasan Bandung Utara, berupa hamparan hutan pinus dengan air terjun serta sumber air panas yang merupakan salah satu harta kekayaan alam yang dimiliki kota Bandung

gerbang maribaya bandung utara
Wisata alam Maribaya Lembang kota Bandung kini telah berdandan dan menjadi tujuan wisata alam yang indah dan cukup menarik perhatian para wisatawan yang berlibur di kota Bandung. Berjarak kurang lebih 25Km dari Kota Bandung, Maribaya Natural Resort berada diatas lahan seluas 6 Ha.

Pemandangan hutan yang asri, serta pemandangan Curug Cigulung dan Curug Cikawari adalah yang kita nikmati di lokasi Maribaya Lembang Bandung Utara. Nyaring nya suara serangga Tonggeret diantara tingginya pepohonan pinus menambah keasrian dan keindahan hutan dilokasi ini.

Sumber air panas alami yang ada di lokasi wisata Maribaya mengandung senyawa Natrium Bikarbonat. Sifat nya Basa lemah dengan konsentrasi Ion Hidrogen sebesar PH 6,6 - 7,3 dalam suhu air sebesar 45,1 derajat celsius. Kandungan mineral penting yang terdapat dalam sumber air panas Maribaya sangat baik untuk terapi kesembuhan radang sendi, radang otot, radang kulit, rematik, gangguan saraf, penyakit kulit, anemia, dan lain-lain.

“Tonggeret merupakan sebutan serangga anggota family Cicadidae, ordo Hemiptara. Suara nyaring Tonggeret berasal dari tymbal , berupa membran yang dilengkapi oleh otot-otot penggerak. Getaran yang dihasilkan oleh otot penggerak inilah yang menghasilkan suara. Suara akan semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier sehingga dapat memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.”

Legenda Maribaya

Kata Maribaya berasal dari bahasa sunda yaitu “Mari” yang artinya Sehat serta “Baya” yang artinya Bahagia. Kata Maribaya ini bersumber dari seorang Pujangga Sunda KH. Hasan Mustafa yang pada masa itu menjabat sebagai kepala Penghulu di kota Bandung dimasa kepemimpinan bupati R. Aria Martanegara tahun 1819 – 1918.

Legenda Maribaya bercerita tentang seorang petani miskin bernama Eyang Raksa Dinata yang memiliki seorang anak gadis yang cantik jelita bernama Maribaya. Kecantikan Maribaya membuat ayahnya selalu mengkhawatirkan keselamatan putri nya sebab Maribaya selalu menjadi rebutan para pemuda di daerah nya.

Suatu hari sang Ayah mendapat ilham untuk pergi bertapa ke Gunung Tangkuban Perahu, dalam tapanya Eyang Raksa Dinati didatangi oleh seorang kakek yang memberikannya 2 buah bokor berisi air (Bokor = Pinggan berbentuk seperti Vas lebar terbuat dari logam yang biasanya dapat digunakan untuk meletakkan buah atau rangkaian bunga). Dalam tapanya Eyang Raksa diperitahkan untuk menumpahkan airnya dihutan, selanjutnya satu bokor yang diberikan harus dibawa kea rah Barat dan satunya lagi di bawa kearah Timur.

Beberapa hari setelah air tersebut ditumpahkan terjadilah keajaiban, air tersebut berubah menjadi sumber air panas mengandung belerang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sejak saat itu orang pun ramai berdatangan untuk berendam agar dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya. Sebagai imbalan dan rasa terimakasih atas kesembuhan, orang-orang yang datang melemparkan uang logam kedalam air panas belerang tersebut.

Hal ini pun akhirnya dapat membantu kehidupan keluarga Eyang Raksa Dinata. Kolam air panas ini selanjutnya diwariskan kepada putri nya Maribaya. Pada akhirnya lokasi ini dikenal hingga sekarang dengan nama Maribaya.

Curug Omas

Curug / Air Terjun omas adalah tujuan utama para pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam Maribaya karena Curug Omas adalah air terjun terbesar di kawasan wisata alam Maribaya kota Bandung. Sebenarnya curug Omas sudah masuk dalam wialayah Taman Hutan Raya Juanda kota Bandung, namun karena jaraknya yang lebih dekat sekitar 200 meter bila di tempuh dari loket wisata Maribaya, banyak pengunjung memilih masuk melalui pintu wisata Maribaya bila ingin melihat keindahan alam disekitar Curug Omas serta mendengar suara gemericik air terjun Omas.

Curug Omas memiliki ketinggian terjunan air 30 m dengan kedalaman 10 m merupakan air terjun di aliran Sungai Cikawali. Terbentang sebuah jembatan penghubung sebagai fasilitas penyebrangan sungai. Jembatan ini pula sekaligus sebagai posisi pandang terdekat untuk menikmati hempasan air terjun dan tempat menikmati suara gemericik air terjun alami ini.

Kawasan Wisata Maribaya Bandung dapat juga ditempuh melalui jalur trekking tengah hutan dari kawasan wisata Taman Hutan Raya Dago. Namun kita harus menempuh dahulu perjalanan sejauh kurang lebih 5,5 km dari Taman Hutan Raya Dago kota Bandung. Jalur trekking yang dilalui adalah jalur yang sudah dibangun dengan bahan paving block, jadi kita tidak perlu khawatir harus melalui jalan setapak tanah, dengan tekstur yang tidak rata.

Fasilitas Wisata Maribaya Lembang Bandung

Selain dapat menikmati keindahan alam nya dengan aktivitas Trekking, ada beberapa tempat yang dapat kita singgahi di lokasi Maribaya yang dapat kita nikmati selama berada di lokasi ini.

Wisata kolam rendam air panas

Family Foot Spa

Adalah kolam tempat memanjakan diri dengan merendam kaki untuk relaksasi. Kolam berisi air dengan suhu 40 derajat celcius, sangat nyaman dilakukan di antara sejuknya suhu disekitar Maribaya.

VIP Pool

Adalah kolam rendam bersama teman, keluarga dan sahabat. Berbagai fasilitas disediakan untuk anda di kolam rendam ini seperti handuk, minuman hangat dan makanan. Keunikan nya kita dapat melihat dua buah air terjun sekaligus dari lokasi ini yaitu Curug Ciguling dan Curug Cikawari.

Kamar Rendam

Merupakan kolam rendam privasi, berupa kamar kamar yang dapat di isi oleh satu atau dua orang. Kolam rendam private ini sangat cocok untuk anda yang ingin merayakan momen-momen terbaik bersama pasangan anda.

Sarana Rekreasi anak

Kolam Pancing dan Turtle Kingdom

Fasilitas ini dapat menjadi rekreasi yang menarik bagi anak-anak. Turtle kingdom adalah sebuah kolam kecil berisi istana kura-kura dan bangunan-bangunan kecil tempat persembunyian para kura-kura.

Terdapat juga kolam pancing anak yang berisi ikan-ikan kecil untuk si buah hati melatih kesabaran menunggu umpan berhasil menangkap ikan.

Rumah Hobbit dan Rabbit Feeding

Adalah taman yang berisi rumah-rumah mungil yang dapat di masuki anak-anak, bentuknya dibikin menyerupai rumah-rumah kelinci.

Children Playground

Terdapat satu area kecil dilengkapi bukit kecil serta permainan anak-anak, di hias dengan dekorasi yang cukup menarik. Pantas saja membuat anak-anak betah berlama-lama di area tersebut.

wisata kota bandung jawa barat
Maribaya Hotspring Resort (foto by : bandung.merdeka.com)

Bangunan Unik

Sky Bridge Tapak Halimun

Layak nya menara pandang, Sky Bridge Tapak Halimun di bangun di tempat yang tinggi di kawasan Maribaya Lembang kota Bandung. Terdapat satu sisi yang sengaja dibuat sedikit menjorok ke luar agar pengunjung dapat melihat dengan jelas suasana indah alam Maribaya dari ketinggian. Sejuknya suhu Maribaya semakin terasa dari ketinggian, di temani sahutan suara tonggeret membuat kita benar-benar merasakan sensasi di kedalaman hutan pinus yang jauh dari riuh nya suara mesin kendaraan.

Gerbang Eyang Raksa Dinata

Untuk mengabadikan nama Legenda sang penemu kawasan wisata ini, dibangunlah sebuah gerbang indah berbentuk jembatan yang dihiasi cahaya lampu yang membuat bangunan ini terlihat sangat romantic bila cahaya matahari mulai meredup. Namun pemandangan ini hanya bisa kita saksikan pada saat weekend, karena lokasi wisata Maribaya hanya dibuka untuk umum sampai dengan pukul 4 sore di hari biasa.

Pancuran Salapan Cikawari

Air panas yang keluar dari pancuran yang berlokasi tak jauh dari air terjun Cikawari ini bersumber dari air panas alam. Pengunjung diperbolehkan merasakan air panas alaminya tanpa dipungut biaya tambahan. Karena lokasi nya yang berada area terbuka, disarankan untuk tetap menggunakan pakaian lengkap bila ingin mandi dibawah pancuran ditengah pemandangan alam yang indah disekitar aliran sungai air terjun Cikawari.

Amphiteater

Berdesain layaknya teater dengan bentuk gelanggang terbuka seperti bangunan teater dijaman Yunani kuno. Ciri khas Amphiteater adalah berbentuk setengah lingkaran, serta tempat duduk dibangun berbentuk anak tangga yang disusun melengkung mengikuti bentuk teater dengan formasi setengah lingkaran. Bangunan ini dibangun sebagai tempat diadakan nya pertunjukan bila Maribaya menggelar even atau pagelaran.

Café dan Resto

Untuk melengkapi fasilitas demi kenyamanan para pengunjung yang ingin menikmati wisata di Maribaya Lembang kota Bandung, dibangun juga beberapa café bagi pengunjung untuk merasakan kuliner yang disediakan di area wisata Maribaya.

Food Court Langlang Buana

Food Court Langlang Buana bisa dikatakan sebagai restoran utama di lokasi wisata alam Maribaya Lembang kota Bandung. Menyediakan menu makanan khas Jawa Barat serta terdapat juga beberapa menu jajanan yang bisa kita pesan di restoran ini. Desain bangunan nya cukup menarik, dengan dua pilarnya didesain dari batang bambu yang dirangkai memutar membentuk lingkaran, membuat bangunan ini terlihat sangat unik.

Maribaya Barbeque Riverside

Café ini dibangun dipinggiran aliran sungai Cikapundung yang melewati kawasan Maribaya Bandung Utara, menikmati hidangan sambil memandang kea lam yang cukup indah disekitar Maribaya, serta sejuknya udara Bandung Utara membuat para pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. Suara gemericik air menambah suasana menjadi sangat menenangkan.

Twig Café

Lokasi Twig Café berada tidak jauh dari lokasi VIP pool, kita dapat menikmati minuman atau paket makanan yang disediakan oleh café ini sambil menikmati pepohonan pinus yang tumbuh rindang dan subur disekitar café ini. Kita juga dapat melihat kedua curug kecil yang memang berlokasi dekat dari café ini.

Tiket Wisata dan Paket Maribaya Hotspring Resort Bandung

  • [tab]
    • Tiket Rekreasi
      • Tiket Masuk Rekreasi : Rp 35.000 / orang | termasuk 1 botol air mineral

        Tiket masuk fasilitas wisata

        Family Foot Spa : Rp 30.000 / orang | termasuk makanan ringan
        Kamar Rendam Private Rp 90.000 / orang / jam
        Sudah termasuk : sabun, handuk dan shampo
    • Wahana dan Permainan Anak

      • Fasilitas dan Wahana Permainan anak

        Kolam Renang Rp 20.000 / orang
        Children Playground ( usia 3 – 7 tahun) Rp 10.000 / orang
        Kolam Pancing Ikan Rp 20.000 / orang
        Rabbit Feeding Rp 5.000 / orang
        Spider Web Rp 5.000 / orang
        Berkuda (Jumat, Sabtu, Minggu) Rp 25.000 / orang
    • Paket Terusan
      • Tiket terusan

        VIP Pool Rp 150.000 per orang
        Termasuk :
        - Tiket masuk Rekreasi
        - Tiket masuk VIP Pool
        - Paket makan ( menu : nasi + ikan bakar + sambal + lalapan)
        - Minuman (Bandrek , Bajigur | pilih satu)
        - Handuk

        Deluxe Pool Rp 75.000 per orang
        Termasuk :
        - Tiket masuk rekreasi
        - Tiket masuk Deluxe Pool
        - Snack (jagung bakar, roti bakar| pilih satu)
        - Minuman (Bandrek, Bajigur | pilih satu)

        Paket Barbeque Saung Iteung
        Menu : ikan, nasi, sambal, lalapan Rp 38.000 per porsi

Peta Lokasi Maribaya Natural Hotspring Resort Kota Bandung



COMMENTS

Nama

angklung,1,bandung heritage,5,bandung selatan,3,belanja bandung,3,budaya,1,cafe bandung,1,cemilan,1,city walk,4,fantastrip,2,funtastrip,9,informasi bandung,8,kuliner bandung,3,lingkar bandung,2,panduan wisata,4,resort bandung,1,sejarah bandung,5,sunrise,1,tahura bandung,1,transportasi,1,wisata alam,8,wisata bandung,15,wisata kota,9,
ltr
item
Explore Bandung: Gemericik Merdu Curug Cigulung dan Cikawari Maribaya Hotspring Resort Bandung
Gemericik Merdu Curug Cigulung dan Cikawari Maribaya Hotspring Resort Bandung
Wisata Alam Bandung - Merupakan lokasi wisata kawasan Bandung Utara, berupa hamparan hutan pinus dengan air terjun serta sumber air panas yang merupakan salah satu harta kekayaan alam yang dimiliki kota Bandung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUTsBDADkbfBKXnA-YPXXKOcLxdy0UT5Q8lHXnYToESW-D6R0W4rmbgvoQ1LqZOG2t20mNzkSawb8YRt6OxuXBJSkvMFsCfuImapjQNLTgd1pN0ijyHIMI28CaAbvAjmg51J6wDd5tNq28/s850/Gerbang-maribaya-bandung-utara.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUTsBDADkbfBKXnA-YPXXKOcLxdy0UT5Q8lHXnYToESW-D6R0W4rmbgvoQ1LqZOG2t20mNzkSawb8YRt6OxuXBJSkvMFsCfuImapjQNLTgd1pN0ijyHIMI28CaAbvAjmg51J6wDd5tNq28/s72-c/Gerbang-maribaya-bandung-utara.jpg
Explore Bandung
https://www.gobandung.id/2016/03/maribaya-hotspring-resort-lembang.html
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/2016/03/maribaya-hotspring-resort-lembang.html
true
3636652234722469418
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy