$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=hide$show=home

Danau Situ Patenggang Destinasi Wisata Keluarga Bandung Selatan

Wisata Bandung Selatan, Danau Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah danau yang menjadi lokasi wisata Favorit Keluarga di kawasan Ciwidey

situ patenggang danau cinta di Bandung Selatan

Situ Pantenggang atau dikenal juga dengan nama Situ Patengan adalah danau indah yang berlokasi tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey. Tempatnya hanya sekitar 7 km dari lokasi Kawah Putih. Pemandangan alam nya sangat indah, dikelilingi perkebunan teh yang hijau dan alami sangat memanjakan mata, rugi rasanya bila tidak mengabadikan keindahan disekitar danau ini. Udara nya pun sangat bersih karena jauh dari hiruk pikuk kendaraan yang berlalu lalang. Sangat pantas untuk dijadikan destinasi untuk wisata alam Bandung Selatan.

Menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari kota Bandung, Situ Patenggang terletak di ketinggian 1.600 m diatas permukaan laut, memiliki luas sekitar 45.000 hektar dengan luas Cagar Alam nya sebesar kurang lebih 123.077,15 hektar. Karena jarak nya yang relatif dekat dari Kawah Putih, lokasi ini menjadi tujuan para wisatawan selanjutnya setelah menghabiskan waktu di Kawah Putih Ciwidey.

rame-rame di situ patenggang
Pemandangan perkebunan teh dari sisi Situ Patenggang

Cerita di balik Situ Patenggang

Berdasarkan papan informasi yang tertera didekat danau, Patenggang/Patengan berasal dari bahasa sunda pateangan-teangan (saling mencari). Yaitu kisah cinta sang Putra Prabu bernama Ki Santang dan putri titisan Dewi yang bernama Dewi Rengganis. Setelah sekian lama berpisah dan saling mencari akhirnya bertemu di “Batu Cinta” yang lokasinya berada di danau yang indah ini.

Dewi Rengganis pun meminta untuk dibuatkan danau dan perahu. Perahu inilah yang akhirnya sekarang menjadi pulau berbentuk hati ditengah danau ini (Pulau Asmara/Pulau Sasaka).
Penduduk setempat meyakini bagi pasangan yang memegang Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara akan berhasil bertemu dengan pasangan dan menuju pelaminan.
Hamparan kebun teh di Situ Patenggang
Kebun Teh kawasan wisata Situ Patenggang

Sekilas Situ Patenggang

Perjalanan mendekati Situ Patenggang kita dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang indah, ini juga yang membuat tempat ini menjadi pilihan wisatawan ketika mencari wisata alam kota Bandung. Bagi anda yang membawa kendaraan sendiri harus hati-hati karna jalan yang dilalui menuju lokasi ini cukup berkelok dan menurun. Areal parkir didekat danau memang tidak begitu luas, tak heran kalo musim liburan dan weekend penata parkir sedikit kerepotan untuk mengatur kendaraan yang masuk.

Sesampainya dilokasi Situ Patenggang Bandung Selatan, kita akan melihat banyak para pedagang. Berbagai dagangan dapat kita temui disini mulai dari pedagang strawberry, souvenir, gorengan, bandrek, dan banyak lagi. Kita wajib berjalan kaki menuju pinggiran danau, kurang lebih 100m jauhnya.

wisata alam bandung
Pedagang souvenir dan kuliner disekitar Situ Patenggang

Dipinggiran danau terdapat banyak perahu yang dapat di sewa untuk berkeliling di area danau. Bagi traveller yang datang berombongan bisa mencarter satu perahu berkapasitas 10 orang, bagi yang datang dengan pasangan nya dapat bergabung dengan wisatawan lain yang datang tidak berombongan. Cukup membayar Rp 25.000 per orang untuk dapat ikut dalam perahu wisata ini.

Terdapat fasilitas saung yang dapat digunakan untuk tempat rehat sambil menikmati suasana dilokasi ini, namun karena jumlahnya yang terbatas sering kali saung-saung telah penuh diisi oleh para pengunjung. Namun jangan khawatir, banyak pedagang yang menyewakan tikar bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana dari bawah pepohonan yang tumbuh disekitar danau.

Transportasi Menuju Situ Patenggang

Situ Patenggang tidak sulit dicapai dengan menggunakan transportasi umum. Dari terminal Leuwi Panjang kita dapat menggunakan angkutan kota menuju terminal Ciwidey, lalu disambung dengan angkutan setempat yang mengantarkan kita langsung ke Lokasi.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, melewati jalur Kopo - Soreang - Ciwidey - Kawah Putih - Situ Patenggang.

perahu bebek di situ patenggang
Wahana Permainan air di Situ Patengan Bandung

Tiket Masuk Gerbang Situ Patenggang

Tiket masuk pengunjung Situ Patenggang Rp 18.000 per orang weekday, dan Rp 20.500 per orang untuk week end.

Sewa tikar Rp 15.000 sd 20.000 per lembarnya (kapasitas 8 orang)

COMMENTS

Nama

angklung,1,bandung heritage,5,bandung selatan,3,belanja bandung,3,budaya,1,cafe bandung,1,cemilan,1,city walk,4,fantastrip,2,funtastrip,9,informasi bandung,8,kuliner bandung,3,lingkar bandung,2,panduan wisata,4,resort bandung,1,sejarah bandung,5,sunrise,1,tahura bandung,1,transportasi,1,wisata alam,8,wisata bandung,15,wisata kota,9,
ltr
item
Explore Bandung: Danau Situ Patenggang Destinasi Wisata Keluarga Bandung Selatan
Danau Situ Patenggang Destinasi Wisata Keluarga Bandung Selatan
Wisata Bandung Selatan, Danau Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah danau yang menjadi lokasi wisata Favorit Keluarga di kawasan Ciwidey
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi53_GMopYZApHZXhf2NvWujhcjYx1GlX-SFGoOkSLtApM-64Fw1ZQnzqgyyR-lrxpBzwIXgUxL0oRe1lmq5tNJoHVF-XlaU7K5oMTMLcpZ0KxYisSe66jnSOKcoBSVUNHxWh46uJ7J7rUv/s640/situpatenggang1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi53_GMopYZApHZXhf2NvWujhcjYx1GlX-SFGoOkSLtApM-64Fw1ZQnzqgyyR-lrxpBzwIXgUxL0oRe1lmq5tNJoHVF-XlaU7K5oMTMLcpZ0KxYisSe66jnSOKcoBSVUNHxWh46uJ7J7rUv/s72-c/situpatenggang1.jpg
Explore Bandung
https://www.gobandung.id/2015/12/wisata-situ-patenggang-ciwidey-bandung.html
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/
https://www.gobandung.id/2015/12/wisata-situ-patenggang-ciwidey-bandung.html
true
3636652234722469418
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy